Mata Perih Saat Menatap Monitor? Simak Yuk Penyebabnya

July 09, 2015
Mata Perih Saat Menatap Monitor? Simak Yuk Penyebabnya - Mas Devz
sumber gambar : tokopedia.com

Mata Perih Saat Menatap Monitor? Simak Yuk Penyebabnya - Mas Devz. Risih karena mata perih atau pegal saat menatap monitor komputer. Hati-hati, mungkin kalian mengalami computer vision syndrome.

Hal itu diutarakan Dr. Elvioza, SpM, dokter spesialis mata sekaligus Kepala Divisi Vitreoretina Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Dia menjelaskan bahwa computer vision syndrome ialah masalah mata yang sering dialami banyak orang belakangan ini. Hal itu sendiri disebabkan karena seseorang terlalu lama menatap monitor komputer. Sehingga menyebabkan mata jadi perih, pegal, tegang, dan infeksi pada mata.

"Pernahkah mata kalian pegal, sepet, perih dan tidak enak? Nah, itu karena computer vision syndrome, kelamaan menatap monitor komputer," katanya dalam acara bertema “Opsi Pengobatan Tebaru untuk Wet Age-Related Macular Degeneration ( Wet AMD)” di Hotel Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (26/3/2014).

Mata Perih Saat Menatap Monitor? Simak Yuk Penyebabnya - Mas Devz
sumber gambar : okezone.com
 
Kalau sudah seperti itu, istirahatkanlah mata kalian beberapa menit. Kemudian, merileksikan mata dengan melihat objek dari jauh.

"Semakin kita melihat objek yang kecil, itu semakin mata kita diperas dua kali lipat. Sedangkan kalau melihat objek yang jauh makin merilekskan mata. Karena itu, saat mata sudah perih karena terlalu lama menatap layar komputer, lihatlah  objek dari jauh minimal enam meter. Pokoknya, makin jauh makan bagus," terangnya.

Kapan waktu idealnya kita mengistirahatkan mata?

"Setidaknya setiap satu jam latihan selama lima menit," tandasnya.

Referensi

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.